No.   DK / LED   No. Butir Penilaian     Aspek Penilaian
1 LED 1.1 Kesesuaian VMTS UPPS terhadap VMTS PT dan visi keilmuan PS yang dikelolanya.
2 LED 1.2 Mekanisme penyusunan VMTS UPPS melibatkan para pemangku kepentingan. Pemangku kepentingan internal: mahasiswa, dosen, tendik, pengelola.Pemangku kepentingan eksternal: lulusan, pengguna lulusan, mitra, pakar, organisasi profesi, dan pemerintah.
3 LED 1.3 Strategi pencapaian tujuan disusun berdasarkan analisis yang sistematis, pada pelaksanaannya dilakukan pemantauan dan evaluasi yang ditindaklanjuti oleh UPPS.
4 LED 1.4 Audit internal terhadap pencapaian sasaran sesuai dengan rencana operasional setiap tahun pada Unit Pengelola Program Studi
5 DK 2.1.1 Pelaksanaan penjaminan mutu internal pada Unit Pengelola Program Studi, serta kelengkapan dokumennya.
6 DK 2.1.2 Hasil pelaksanaan penjaminan mutu eksternal pada Unit Pengelola Program Studi, serta kelengkapan dokumennya.
7 DK 2.2.1 Kegiatan kerja sama dengan instansi dalam negeri yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi/Unit Pengelola Program Studi yang relevan dengan Program Studi dalam tiga tahun terakhir.
8 DK 2.2.2 Kegiatan kerja sama dengan instansi luar negeri yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi/Unit Pengelola Program Studi yang relevan dengan Program Studi dalam tiga tahun terakhir.
9 LED 2.3 Kelengkapan struktur organisasi dan keefektifan penyelenggaraan organisasi pada UPPS.
10 LED 2.4 Pemenuhan lima pilar sistem tata pamong pada UPPS.
11 LED 2.5 Keterlaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (akademik dan non akademik) pada UPPS yang dibuktikan dengan keberadaan 4 aspek
12 LED 2.6 Komitmen pimpinan UPPS.
13 LED 2.7 Pengukuran kepuasan layanan manajemen terhadap para pemangku kepentingan: mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan / alumni, pengguna lulusan dan mitra kerja sama pada UPPS
14 LED 2.8 Mutu, manfaat, kepuasan dan keberlanjutan kerja sama pendidikan, penelitian dan PkM yang relevan
      dengan program studi pada UPPS
15 DK 3.1.2.1 Rasio calon mahasiswa yang ikut seleksi terhadap daya tampung dalam lima tahun terakhir pada program studi
16 DK 3.1.2.2 Persentase mahasiswa asing baru terhadap total mahasiswa baru dalam lima tahun terakhir pada program studi
17 DK 3.1.2.3 Rasio total mahasiswa baru pada TS, terhadap total mahasiswa dalam lima tahun terakhir pada program studi
18 DK 3.1.3 Hasil pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan.
19 LED 3.2 Upaya yang dilakukan UPPS untuk meningkatkan animo calon mahasiswa dan bukti keberhasilannya
20 LED 3.3 Akses dan mutu layanan bidang penalaran, minat bakat, kesehatan, beasiswa, bimbingan dan konseling, serta asrama pada UPPS
21 LED 3.4 Audit internal terhadap sistem seleksi mahasiswa dan pelayanan mahasiswa pada Unit Pengelola Program Studi
22 DK 4.1.1.1 Persentase dosen tetap UPPS dengan jabatan minimal lektor kepala.
23 DK 4.1.1.2 Persentase dosen tetap UPPS yang berpendidikan S- 3/Sp-2.
24 DK 4.1.2.1 Persentase dosen tetap yang memiliki jabatan minimal Lektor Kepala yang bidang keahliannya sesuai dengan program studi pada PS
25 DK 4.1.2.2 Persentase dosen tetap yang berpendidikan S-3/Sp-2 sesuai bidang keahlian program studi pada PS
26 DK 4.1.2.3 Persentase dosen tetap yang memiliki Sertifikat Pendidik/ Sertifikat Dosen pada PS
27 DK 4.1.2.4 Persentase dosen tetap yang memiliki Sertifikat Kompetensi/Surat Tanda Registrasi / sertifikat khusus tentang kompetensi mata kuliah pada PS.
28 DK 4.1.2.5 Rasio mahasiswa terhadap dosen yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang program studi pada PS
29 DK 4.1.3 Rata-rata beban dosen per semester, atau rata-rata FTE (Fulltime Teaching Equivalent) pada PS
30 DK 4.1.4 Kegiatan dosen tetap pada PS yang bidang keahliannya sesuai dengan program studi dalam seminar ilmiah/ lokakarya/ penataran/ pameran yang tidak hanya melibatkan dosen PT sendiri.
31 DK 4.2.1 Persentase jumlah dosen tidak tetap, terhadap jumlah seluruh dosen di PS.
32 DK 4.2.2 Dosen tidak tetap yang memiliki Sertifikat Kompetensi atau sertifikat sejenis dalam bidangnya pada PS.
33 LED 4.3 Upaya pengembangan dosen oleh UPPS.
34 LED 4.4 Kualifikasi dan kecukupan tenaga kependidikan pada UPPS berdasarkan jenis pekerjaannya (administrasi, pustakawan, teknisi, dll.)
35 LED 4.5 Monitoring dan evaluasi kinerja dosen terhadap tridarma dan tenaga kependidikan dalam layanan pada program studi
36 DK 5.1.1 Persentase perolehan dana dari mahasiswa dibandingkan dengan total penerimaan dana di UPPS selama tiga tahun terakhir.
37 DK 5.1.2.1 Penggunaan dana untuk operasional (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) di UPPS.
38 DK 5.1.2.2 Penggunaan dana investasi (investasi prasarana, investasi sarana, investasi SDM, dll.) di UPPS.
39 DK 5.1.2.3 Jumlah dana penelitian per dosen per tahun pada
      UPPS selama tiga tahun terakhir.
40 DK 5.1.2.4 Jumlah dana PkM per dosen per tahun pada UPPS selama tiga tahun terakhir.
41 DK 5.2.1.1 Bahan pustaka berupa buku teks pada program studi.
42 DK 5.2.1.2 Jurnal nasional terakreditasi yang dimiliki (berlangganan) oleh program studi dalam tiga tahun terakhir.
43 DK 5.2.1.3 Jurnal internasional bereputasi yang dimiliki (berlangganan) oleh program studi dalam tiga tahun terakhir.
44 DK 5.2.1.4 Jumlah prosiding yang dimiliki program studi dalam tiga tahun terakhir.
45 DK 5.2.2.1 Ketersediaan, akses dan penggunaan prasarana dan sarana utama di laboratorium.
46 DK 5.2.2.2 Kelayakan prasarana dan sarana laboratorium dengan standar minimal.
47 LED 5.3 Kecukupan dana untuk menjamin operasional pencapaian tridarma dan investasi pada UPPS.
48 LED 5.4 Kecukupan, aksesibilitas dan mutu sarana dan prasarana untuk menjamin pencapaian capaian pembelajaran, penelitian, PkM, dan meningkatkan suasana akademik pada program studi.
49 LED 5.5 Audit internal terhadap pengelolaan keuangan pada Unit Pengelola Program Studi.
50 LED 5.6 Audit internal terhadap pengelolaan sarana dan prasarana pada Unit Pengelola Program Studi
51 DK 6.1 Struktur kurikulum
52 DK 6.2 Ketersediaan prasarana praktik lapangan
53 DK 6.3 Kegiatan tenaga ahli/pakar sebagai pembicara dalam seminar/pelatihan, pembicara tamu, dsb., dari luar PT sendiri
54 DK 6.4.1 Rata-rata mahasiswa per dosen pembimbing tugas akhir / skripsi.
55 DK 6.4.2 Rata-rata jumlah pertemuan/pembimbingan selama penyelesaian tugas akhir / skripsi.
56 DK 6.4.3 Kualifikasi akademik dosen pembimbing tugas akhir / skripsi.
57 DK 6.4.4 Rata-rata waktu penyelesaian penulisan tugas akhir / skripsi.
58 LED 6.5 Keunggulan program studi mendukung learning outcome/capaian pembelajaran dan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara signifikan, baik dalam teori maupun praktikum.
59 LED 6.6 Keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses evaluasi dan pemutakhiran kurikulum pada program studi.
60 LED 6.7 Kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dan jenjang KKNI/SKKNI yang sesuai pada program studi.
61 LED 6.8 Ketepatan struktur kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran pada program studi.
62 LED 6.9 Karakteristik proses pembelajaran terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa pada program studi.
63 LED 6.10 Mutu Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan dukungan dokumen dengan kedalaman dan keluasan sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan pada program studi.
64 LED 6.11 Mutu pelaksanaan penilaian pembelajaran (proses dan hasil belajar mahasiswa) untuk mengukur ketercapaian capaian pembelajaran berdasarkan prinsip penilaian yang mencakup: 1) edukatif,
      otentik,objektif,akuntabel, dantransparan, yang dilakukan secara terintegrasi pada program studi.
65 LED 6.12 Monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pada program studi mencakup Karakteristik,Perencanaan,Pelaksanaan proses pembelajaranBeban belajar mahasiswaDilaksanakan secara konsistenDitindaklanjuti untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan pada program studi.
66 LED 6.13 Tindak lanjut dari hasil monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran pada program studi.
67 LED 6.14 Keterlaksanaan dan keberkalaan program dan kegiatan di luar kegiatan pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan suasana akademik pada program studi.
68 DK 7.1 Kegiatan penelitian oleh dosen tetap di Program Studi sesuai roadmap dalam tiga tahun terakhir.
69 LED 7.2 Relevansi penelitian pada PS mencakup unsur-unsur sebagai berikut: memiliki roadmap penelitian untuk dosen dan mahasiswa,pelaksanaan penelitian sesuai dengan roadmap penelitian, evaluasi kesesuaian penelitian dengan roadmap,tindak lanjut hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan,integrasi penelitian pada mata kuliah.
70 LED 7.3 Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan penelitian dosen dan mahasiswa pada program studi
71 DK 8.1 Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) sesuai roadmap oleh dosen tetap di Program Studi dalam tiga tahun terakhir.
72 LED 8.2 Relevansi PkM pada PS mencakup unsur-unsur sebagai berikut: memiliki roadmap PkM untuk dosen dan mahasiswa,pelaksanaan PkM sesuai dengan roadmap PkM,evaluasi kesesuaian PkM dosen dan mahasiswa dengan roadmap,tindak lanjut hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan,pemanfaatan hasil Pengabdian kepada Masyarakat untuk pengayaan pembelajaran.
73 LED 8.3 Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dosen dan mahasiswa pada program studi
74 DK 9.1.1 Keberhasilan Studi di PS
75 DK 9.1.2 Persentase Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama lima tahun terakhir
76 DK 9.1.3 Persentase kelulusan tepat waktu (KTW)
77 DK 9.1.4.1 Masa tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama
78 DK 9.1.4.2 Pendapat pengguna (employer) lulusan terhadap kualitas alumni.
79 DK 9.2.1 Jumlah artikel ilmiah/karya ilmiah/buku yang dihasilkan selama tiga tahun terakhir oleh dosen tetap PS.
80 DK 9.2.2 Penelitian/Karya dosen dan atau mahasiswa program
      studi yang telah memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (Paten, Paten sederhana, Hak cipta, Merek dagang, Rahasia dagang, Desain produk), Teknologi tepat Guna, dan Model/desain/rekayasa atau karya yang mendapat pengakuan/penghargaan dari lembaga nasional/internasional selama tiga tahun terakhir pada program studi.
81 DK 9.3 Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan atau mahasiswa program studi yang telah memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (Paten, Paten sederhana, Hak cipta, Merek dagang, Rahasia dagang, Desain produk), Teknologi tepat Guna, dan Model/desain/rekayasa atau karya yang mendapat pengakuan/penghargaan dari lembaga nasional/internasional selama tiga tahun terakhir pada program studi.
82 DK 9.4.1 Penghargaan untuk Dosen Tetap Program Studi
83 DK 9.4.2 Pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir di bidang akademik dan non-akademik
84 LED 9.5 Pelaksanaan pembelajaran diikuti dengan monev, feedback, dan tindak lanjut untuk meningkatkan capaian pembelajaran lulusan dalam rangka mendukung kompetensi luaran dan capaian pembelajaran pada program studi.
85 LED 9.6 Pelaksanaan penelitian diikuti dengan monev, feedback, dan tindak lanjut untuk meningkatkan jumlah karya ilmiah, sitasi, Hak Kekayaan Intelektual yang ditetapkan oleh Kemenkumham (Paten, Hak Cipta), Teknologi Tepat Guna, dan Buku ber-ISBN pada program studi.
86 LED 9.7 Pelaksanaan PkM diikuti dengan monev, feedback, dan tindak lanjut untuk meningkatkan jumlah karya ilmiah, Hak Kekayaan Intelektual yang ditetapkan oleh Kemenkumham (Paten, Hak Cipta), Produk, Teknologi Tepat Guna, dan Buku ber-ISBN pada program studi.
87 LED 10.1 Analisis SWOT Unit Pengelola Program Studi dan Program Studi.
88 LED 10.2 Strategi penyelesaian masalah dan mengatasi kelemahan yang dihadapi.
89 LED 10.3 Program pengembangan yang dilakukan UPPS dan PS.