selama ini, kebanyakan orang cenderung melihat bahwa pekerja di rumah sakit selalu terkait dokter atau perawat. Padahal, sebetulnya terdapat tenaga pekerja lain yang tidak kalah penting lho, yaitu pekerjaan yang mengurus seluruh fungsi manajemen rumah sakit.

Seiring terus tumbuhnya lembaga dan institusi kesehatan, maka semakin dibutuhkan pula tenaga-tenaga manajerial untuk menjalankan lembaga dan institusi tersebut, serta memastikan aktivitas berjalan secara baik dan profesional. Nah, untuk mempelajari keilmuan tersebut, Administrasi Rumah Sait adalah jurusan yang bisa kamu pilih.

Kamu yang memilih jurusan ini akan memahami seluk beluk operasional dan manajemen rumah sakit secara detail. Mahasiswa administrasi rumah sakit akan mempelajari bagaimana menjalankan sistem rumah sakit secara sistematik, mengelola kegiatan manajerial rumah sakit, dan mengurus operasional rumah sakit secara efisien.

Jadi, tidak heran bahwa lulusan dari jurusan ini menjadi sangat dibutuhkan di rumah sakit dalam menjalankan fungsi manajemen dan operasional agar kegiatan rumah sakit dapat berjalan dengan optimal.

Melihat prospek tersebut, Universitas Muhammadiyah Lamongan menjawab tantangan kebutuhan manajerial rumah sakit dengan menyelenggarakan pendidikan administrasi rumah sakit. Untuk lebih lengkapnya, kenali jurusan ini lebih dalam, yuk!

Kenalan dengan Jurusan Administrasi Rumah Sakit UMLA Yuk!

Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) merupakan perguruan tinggi yang tanggap terhadap pelayanan kesehatan masyarakat melalui partisipasinya dalam mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dengan melakukan upaya pengembangan pendidikan dan penelitian bidang kesehatan. Salah satu program studi yang ditawarkan oleh kampus UMLA adalah administrasi rumah sakit (ARS).

Kampus UMLA membuka program studi administrasi rumah sakit dengan gelar Sarjana Administrasi Rumah Sakit (SARS) karena dipercaya lulusannya sangat dicari dalam membantu mengelola rumah sakit berkualitas.

Kampus UMLA mampu menghasilkan lulusan administrasi rumah sakit yang mampu mengelola pelayanan rawat jalan, rawat inap, laboratorium, UGD, medical check-up, rekam medik, manajemen personalia, housekeeping, public relations, dan lainnya.

Dalam menghasilkan lulusannya yang berkualitas, tentunya kampus ini didukung oleh dosen yang profesional. Selain diajar oleh dosen tetap, prodi administrasi rumah sakit UMLA juga seringkali mendatangkan dosen tamu untuk memberi pengajaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa.

Pada semester ini, kampus UMLA telah mengundang pembicara luar direktur praktisi rumah sakit, lho! Yakni Dari PP ARSI, seru banget Lho pembelajarannya!

Para dosen yang memberikan pengajaran juga memiliki strategi tersendiri dalam pencapaian kompetensi lulusannya, Pembelajaran di prodi S1 ARS UMLA, selain pertemuan langsung di kelas, juga dilakukan melalui seminar/workshop, kunjungan ke rumah sakit, studi banding, serta magang dan skripsi pada semester akhir.

Dalam proses pembelajarannya, mahasiswa juga akan didukung dengan laboratorium pembelajaran dan modul yang lengkap, sehingga ketika lulus nanti akan siap ditempatkan menjadi manajer di setiap unit di rumah sakit maupun di instansi penyedia layanan kesehatan lainnya. Menarik, ya!

Nah, untuk prospek dan peluang kerja prodi administrasi rumah sakit (ARS) tidak perlu kamu khawatirkan! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lulusan ARS dipastikan menjadi rebutan rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya, karena jurusan ARS cukup kapabel dalam menangani persoalan manajemen rumah sakit.

Beberapa instansi yang akan menerima lulusan ini antara lain; Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Klinik dan Rumah Bersalin. Beberapa posisi yang bisa di tempati oleh jurusan ini yaitu; Addmission RS, Medical Record/Rekam Medis RS, Keuangan RS, Bendahara RS, Billing RS, Sistem Informasi RS, dan masih banyak lainnya yang berhubungan dengan admisitrasi dan manajerial rumah sakit.

Bagi kamu yang mempunyai cita-cita untuk berperan serta dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia, maka administrasi rumah sakit ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Ditambah lagi jurusan ini cukup unik, belum banyak perguruan tinggi yang menyediakannya, padahal lulusannya sangat dicari oleh rumah sakit di seluruh Indonesia.

So, manfaatkan peluang besar ini dengan bergabung di prodi S1 ARS UMLA ya!